March 08, 2007

Mulai belajar kamera

Bagi anda yang baru mulai belajar kamera, pemula kayak gw, ini da masukan dari gw. Yang perlu diketahui dari kamera itu Aperture, Shutter Speed, ISO/ASA, Light meter. Mari kita bahas satu2.

-Aperture-
Bukaan diafragma untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk. Ditulis dengan f/... nilainya bervariasi f/2.8 - f/22. Ini tergantung lensa kamera yang dimiliki. f/2.8 berarti bukaan diafragma besar n cahaya yang masuk banyak. f/22 berarti bukaan diafragma kecil n cahaya yang masuk sedikit. Dengan kata lain makin besar angka-nya berarti bukaan diafragma makin kecil.

to be continued...Gw balik kantor nih :) (Thursday, March 8, 2007, 6:19 PM)

Lanjutin lagi yah...Btw, ini cuma sotoy2an gw aja. So, kalo ada yang salah. Harap maklum, masih pemula nih and mohon sjuga koreksinya.

-Shutter Speed-
Kecepatan lensa mengambil gambar. Misalkan 30 second - 1/2000 second. Makin lama waktu mengambil gambar maka gambar bergerak akan berbayang. Tuk Shutter speed yang lama (misalkan: 4 second) gw paling suka kalo ngambil gambar cahaya mobil dijalan raya pada malem hari. Trus tuk shutter speed yang cepat (misalkan: 1/2000 second) gw paling suka kalo ngambil gambar cewek disiram air dari atas. Seolah-olah airnya jadi freeze. Kl ceweknya yah gitu2 aja. Kl cakep tetap cakep. Kl jelek dah kodar :)

--Tuk belajar perpaduan Aperture n Shutter Speed, coba2 di site ini ye:
http://www.photonhead.com/exposure/simcam.php

-ISO/ASA-
Sensitivitas terhadap cahaya. Makin tinggi angka-nya maka makin sensitif terhadap cahaya. Tuk cahaya terang kita pake ISO 100 aja. Kl malem pake ISO yang lebih gede ISO 400. Kl pake ISO 400 di siang hari akan terjadi noise sehingga ada bintik2 putih.

to be continued..... :D ga selesai2 nih (Monday, March 12, 2007, 12:32 PM)

2 comments:

Anonymous said...

ok banget , lg hoby jepret2 ya, teruskan... setelah SLR kalo tertarik di video kurang lebih sama. terus belajar dan praktek untuk asah feeling fotografi.
salam kenal

Rules said...

Makasih juragan tips and triknya..
saya jg masih newb.. dalam tahap belajar >P<